Rabu, 12 Agustus 2009

Palang Merah jadi Kristal Merah

http://www.crwflags.com


Pernah lihat simbol ini? Bagi yang sudah, tentu Anda tahu bahwa ini adalah logo baru Komite Palang Merah Internasional, atau ICRC (International Commmite of the Red Cross). Selama ini, ada dua simbol yang digunakan sebagai bendera palang merah, yaitu logo tanda 'plus' berwarna merah, dan logo bulan sabit. Logo ini baru mulai diperkenalkan tahun 2005, karya Ċ½eljko Heimer.

The Red Cross and the Red Crescent emblems at ...Image via Wikipedia


Persoalan logo palang merah ini memang agak unik. Varian logo palang merah yang lain, bulan sabit, muncul karena gambar 'plus' itu dianggap terlalu 'dekat' dengan salib. Sehingga, negara-negara Islam di Timur Tengah enggan menggunakan logo itu. Maka jadilah bulan sabit.



Di Israel, mereka juga lebih suka menggunakan logonya sendiri, bintang daud berwarna merah. Entah karena apa, Israel mendapat privelage macam begini. Yang jelas, logo itu hanya berlaku di Israel. Russia juga punya varian sendiri, tapi hanya menggabungkan logo plus dan bulan sabit itu.

Nah, supaya logo-logo palang merah, yang seharusnya menjadi organisasi yang tidak berafiliasi dengan kepercayaan, ideolgi, atau negara manapun, maka dibuatlah logo baru di atas. Nama resminya Red Crystal. Sejarah lengkapnya ada di website ICRC, The History of The Emblems.

Cerita lain yang menarik berkaitan dengan logo palang merah ini, perusahaan Johson & Johson pernah menuntut the American Red Cross, karena produk ARC ada yang menggunakan logo plus palang merah. J&J sudah mematenkan logo itu sebagai trademark-nya. Nah lho... ceritanya ada di sini, berjudul Whose Red Cross to Bear? dari website AIGA.

0 komentar:

Posting Komentar